How To

5 Tips dan Trik Membeli Laptop Untuk Programmer

Techno Magazine – Setiap profesi memiliki kebutuhan yang berbeda untuk alat atau gadget yang mereka gunakan. Terutama komputer atau laptop untuk anak IT atau programmer. Dan karena itu pulalah mengapa brand dan produsen laptop kerap kali merilis laptop berdasarkan dari kebutuhan mereka, para pengguna. Beberapa laptop dirilis untuk memenuhi kebutuhan para pelajar. Sedangkan beberapa laptop dibekali dengan spesifikasi dan fitur khusus yang tepat untuk para gamer.

Lalu bagaimana untuk programmer?

Diantara banyak profesi lain, programmer memang yang paling membutuhkan laptop. Mengingat mereka bekerja dengan gadget tersebut sepanjang waktu. Hanya saja, masih jarang ada laptop khusus yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan para programmer ini sendiri. Lalu, bagaimana sebenarnya cara untuk menemukan laptop yang cocok untuk para programmer ini? Di bawah ini kami memberikan 5 tips untuk mencari laptop yang tepat.

1. Kapasitas RAM

Meski tak ada laptop khusus yang dirilis untuk para programmer, sebenarnya tips pertama menemukan laptop yang cocok bisa dimulai dari mencari laptop dengan kapasitas RAM yang pas. Berapa kapasitas RAM yang pas?

Kami sebenarnya akan menyarankan untuk mencari laptop dengan kapasitas RAM paling besar yang bisa kamu temukan. Namun selain itu, untuk para programmer sebenarnya akan menjadi lebih bijak bila mencari laptop dengan RAM yang bisa ditambah atau dikurangi nantinya. Berarti, ada beberapa slot domino 99 yang tersisa untuk nantinya diupgrade atau diberikan RAM baru. Pilihan seperti ini pastinya akan sangat berguna bila nantinya kamu membutuhkan laptop dengan kapasitas RAM lebih besar.

2. Tipe harddisk

Untuk programmer, hard disk dan kecepatan laptop menjadi sebuah elemen yang penting. Karena itu pastikan memilih hard disk dengan tipe dan kapasitas yang tepat. Saat ini sudah ada banyak sekali tipe hard disk yang berbeda. Yang paling dikenal tentu saja tipe HDD hard disk. Namun faktanya tipe hard disk satu ini pun belum tentu mampu dan cukup untuk mengakomodasi kebutuhan kamu nantinya.

Sebaliknya, pilih hard disk dengan tipe SDD, yang sat ini menjadi tipe hard disk paling cepat dan paling canggih yang pernah ada. Cocok sekali bukan untuk profesi programmer yang membutuhkan laptop super cepat?

3. Slot hard disk, karena programmer punya banyak PROJECT

Rahasianya, kamu mungkin bisa dengan mudah menemukan laptop yang memberikan slot tambahan pada RAM. Ada beberapa laptop yang memberikan tambahan hingga 2 slot tambahan pada RAM. Namun tidak pada hard disk. Lalu bagaimana?

Slot tambahan untuk hard disk ini sebenarnya bisa diakali dengan menggunakan slot domino yang digunakan untuk CD Drive. Namun yang pasti, sebelumnya kamu harus lebih dulu mencari laptop yang sudah diberikan CD Drive itu lebih dulu. Jadi untuk tips satu ini, untuk bisa mendapatkan slot hard disk tambahan, kamu bisa mencari laptop dengan adanya CD Drive. Dan memaksimalkan tersebut untuk slot hard disk.

4. Kualitas keyboard

Profesi programmer menghabiskan banyak sekali waktu di depan komputer domino untuk mengetikan kode demi kode yang mereka buat. Karena itu, keyboard yang nyaman menjadi sebuah kualitas pertama yang dibutuhkan untuk seorang programmer. Cara mengetes keyboard yang nyaman, bisa dilakukan dengan beberapa hal.

Yang pertama tentu saja dengan mengetes penggunaan keyboard itu sendiri. Dan bagaimana kenyamanan masing-masing key ketika digunakan. Caranya? Cuma bisa dengan mencoba mengetik dengan keyboard tersebut. Keyboard yang berkualitas seharusnya tak bouncing terlalu banyak ketika digunakan. Kemudian seharusnya juga tak mengeluarkan suara terlalu keras pula ketika digunakan.

5. Tak usah perdulikan kartu grafis

Mengapa komputer untuk programmer tak perlu terlalu memperhatikan kartu grafis? Karena pada akhirnya, grafik yang mereka gunakan tak aakn sebanyak pada laptop yang digunakan untuk bermain game. Karena itu, kartu grafis menjadi satu hal terakhir yang menjadi perhatian.

Ini menjadi daya tarik tersendiri dan juga keuntungan karena dengan begitu, budget yang digunakan tak perlu terlalu banyak. Karena sekali lagi, kadang harga laptop domino 99 menjadi mahal tak lain karena kualitas dari kartu grafis yang digunakan pada laptop itu sendiri. Jadi pada akhirnya, tak perlu terlalu memperhatikan elemen ini.